Cara Merawat Rambut Kering Dan Rusak Secara Cepat

rambut rusak dan kering

Sulit untuk menghindari kekeringan dan kerusakan saat Anda merawat rambut Anda seperti percobaan laboratorium sains. Masing-masing helai rambut Anda memiliki tiga lapisan. Lapisan dalam disebut medula, yang dikelilingi oleh lapisan tengah, korteks. Lapisan luar disebut kutikula. Kutikula adalah lapisan yang melindungi rambut Anda, dan bila rusak, rambut Anda menjadi kering dan rapuh. Semua masukan kimiawi, dikombinasikan dengan faktor seperti polusi, panas, dan sinar matahari, pasti berakibat pada bentuk rambut yang rusak.

rambut rusak dan kering

Tidak ada yang lebih memilukan daripada memikirkan mencukur rambut Anda karena sudah kering, tidak bernyawa, dan rapuh. Anda akan senang mengetahui bahwa masih ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi dan menghidupkan kembali kunci Anda.

Tapi sebelum kita mengetahui bagaimana cara merawat rambut rusak akibat smoothing, mari kita bicara tentang apa yang menyebabkan kerusakan di tempat pertama.

Penyebab Kerusakan Rambut

1. Pemutihan

Saat Anda memutihkan rambut Anda, Anda memaksa kutikula Anda terbuka untuk melepaskan pigmen dari rambut Anda. Kerusakan yang terjadi pada kutikula Anda membuatnya lemah dan mudah pecah dan pecah. Karena tidak ada lagi yang menyegel kelembaban di rambut Anda lagi, itu juga menjadi kering dan tidak bernyawa (1). Yang lebih parah lagi, jika Anda mengoleskan panas ke rambut sambil memutihkannya, sambil mempercepat proses pemutihan, juga akan merusak rambut Anda lebih banyak lagi.

2. Mewarnai rambut
Sementara sekarat rambut Anda mungkin tampak seperti hal yang tidak berbahaya untuk dilakukan, bahan kimia yang ada dalam pewarna yang Anda gunakan tidak ada gunanya bagi rambut Anda. Mereka membuat poros rambut Anda keropos sampai mengungkap korteks rambut Anda (2). Kerusakan ini bisa berlangsung hingga dua bulan, bahkan dengan merawat rambut Anda dengan tepat. Pewarna permanen paling merusak rambut Anda.

3. Perms

Perming adalah perubahan struktur rambut Anda untuk membuatnya lurus atau keriting. Rambut Anda direstrukturisasi menggunakan bahan kimia yang memecah ikatan di rambut Anda, dan kemudian bergabung kembali dengan ikatan yang berbeda. Bahan kimia yang digunakan untuk proses ini melemahkan poros rambut Anda seperti, seperti pemutihan, mereka merusak kutikula Anda dan membuat rambut Anda keropos (3).

4. Mendapatkan Kecanduan Untuk Updos
Menempatkan rambut Anda setiap saat bisa menarik mereka ke akar dan melemahkannya. Hal ini bisa mengakibatkan rambut rontok berlebihan. Selain itu, asesoris yang digunakan bisa merusak rambut Anda saat diikat atau disematkan, sehingga pecah. Mengikat rambut saat basah bisa menyebabkan kerusakan permanen.

5. Selama menyikat gigi

Menyikat rambut Anda terlalu banyak akan menyebabkan lebih banyak gesekan daripada yang bisa dilakukan. Sikat akan tersangkut pada simpul dan menyebabkan kerusakan dan perpecahan berakhir. Sikat murah menyebabkan banyak kerusakan saat mereka tertangkap di rambut Anda dengan lebih mudah.

6. Lebih dari keramas
Shampooing seharusnya membersihkan kulit kepala Anda dan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari dalamnya. Saat Anda mencuci rambut terlalu banyak, sampo mulai melepaskan minyak alami, yang dikenal sebagai sebum, dari kulit kepala Anda. Sebum memberi nutrisi dan melindungi kutikula Anda. Saat dilucuti, rambut menjadi kering dan rapuh.

7. Blow Dryers, Curling Irons, & Flat Irons

Panas, secara umum, buruk bagi rambut Anda karena membuka kutikula Anda dan mengeringkan kelembaban apapun. Bila panas pekat diaplikasikan pada rambut Anda, maka menjadi kering, rusak, dan rapuh. Menggunakan besi pengeriting atau besi datar sering akan membuat rambut Anda tidak bernyawa dan haus akan kelembaban. Jika Anda tidak menggunakan pengering rambut Anda dengan cara yang benar, itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada batang rambut Anda (4).

8. Menggunakan Produk yang Salah
Menggunakan produk seperti shampo dengan alkohol atau sulfat bisa sangat merusak rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang cenderung mudah kering, sampo dengan alkohol akan membuatnya kering dan rapuh. Menggunakan produk dengan banyak bahan kimia di dalamnya juga tidak baik untuk rambut Anda.

Cara Mengidentifikasi Rusak Rambut: Tanda Rambut Rusak

1. Tekstur Kasar
Cara termudah untuk mengetahui apakah rambut Anda rusak adalah menahannya dari atas dan menjalankan ujung jari Anda. Jika ujungnya mencuat dan terasa kasar, rambut Anda mungkin rusak.

2. Dulled Shine
Rambut yang rusak tidak berkilau dan bersinar. Poros rambut berhenti bersinar saat kutikula rusak. Dengan rambut yang rusak, Anda akan melihat bahwa tidak ada kilau bahkan setelah perawatan pengkondisian dalam.

3. Split Berakhir
Ambil sedikit rambut Anda dan lembut twist itu. Perhatikan baik-baik ujung rambut yang menempel. Jika ujungnya terbagi dua, rambut Anda rusak, dan inilah saatnya bagi Anda untuk mendapatkan trim.

4. Kurangnya Kelembaban
Cara merawat rambut kering berikutnya yakni dengan menjaga kelembaban rambut. Jika rambut Anda sepertinya tidak dikondisikan tidak peduli apa yang Anda coba, ini adalah kilau kutikula yang rusak yang tidak dapat ditutup dengan lembab.

5. Kerusakan Ekstrim
Jika rambut Anda terkunci saat Anda menyisirnya, atau bahkan saat Anda menjalankan jari-jari Anda melewatinya, itu akan rusak. Kekuatan tarik poros rambut Anda berkurang saat lapisan luar rusak.

6. Porositas tinggi
Sebagai kutikula diangkat, jauh lebih mudah untuk kelembaban untuk lulus. Kelembaban eksternal terkumpul di batang rambut, dan mulai membengkak, yang membuat keriting rambut Anda.

7. Kekurangan Elastisitas
Rambut Anda bisa meregang sampai titik tertentu sebelum terkunci dan pecah. Elastisitas untai rambut yang rusak jauh lebih sedikit daripada yang sehat. Jika rambut Anda terkunci dengan sangat mudah, kemungkinan itu rusak.

8. Terlalu Banyak Tangles
Tidak seperti rambut sehat, di mana porosnya halus, kutikula kasar rambut yang rusak tersangkut dan menghasilkan simpul. Kekeringan membuat sulit untuk mendapatkan kusut ini, dan sering menyebabkan kerusakan.

Tips Perawatan Rambut Rusak

1. Identifikasi Rambut Rusak Dan Perbaikan Awal

Jika Anda telah memeriksa ya untuk sebagian besar poin di atas, saatnya Anda mulai mengambil tindakan untuk merawat rambut Anda yang rusak. Dengan perawatan yang tepat, rambut Anda bisa diberi nutrisi kembali ke kesehatan. Memperbaiki kerusakan rambut segera setelah Anda melihat itu penting karena begitu kerusakan menyebar, Anda mungkin tidak punya pilihan selain memenggal kunci Anda.

2. Potong Rambut Rusak Berakhir

Jika ujung rambut Anda memiliki tekstur seperti jerami, Anda harus mendapatkan trim sebelum Anda bekerja untuk mengembalikan rambut Anda. Terkadang, mendapatkan trim cukup untuk menghilangkan kerusakan dan menghidupkan kembali rambut Anda. Anda tidak perlu pergi untuk memotong ekstrim. Sebagai gantinya, Anda bisa mendapatkan trim dengan lapisan, yang akan membantu Anda menyingkirkan kerusakan.

Jika gunting yang digunakan stylist Anda tidak cukup tajam, akan lebih berbahaya daripada rambut Anda. Untuk memastikan bahwa sepasang gunting yang baik sedang digunakan, mintalah penata rambut Anda untuk memotong jaringan basah dengan mereka. Jika potongannya tidak bersih, saatnya mencari stylist baru.

3. Hindari Hot Styling Tools

Segera setelah Anda melihat kerusakan, sekarang saatnya membuang semua alat styling panas Anda (atau taruh di tempat di mana Anda tidak dapat lagi mengaksesnya). Panas adalah sesuatu yang bagus untuk kutikula yang sudah rusak.

Memotong panas akan membantu memperbaiki rambut Anda. Biarkan rambut Anda kering secara alami dan cobalah gaya yang tidak perlu panas.

4. Katakan Tidak pada Warna Rambut Dan Bahan Kimia

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahan kimia adalah musuh terburuk rambut Anda. Bukan ide bagus untuk mewarnai, memutihkan, atau merapikan rambut Anda saat rusak karena akan menyebarkan kerusakan pada titik yang tidak dapat diperbaiki lagi. Hindari perawatan kimia setidaknya sampai rambut Anda pulih. Perawatan restoratif pada salon biasanya memasukkan bahan kimia. Makanya, ada baiknya untuk menghindari hal tersebut dan mengembalikan rambut Anda dengan menggunakan bahan alami.

5. Gunakan Shampo dan Conditioner Sulfat Bebas

Ketika datang ke sampo dan kondisioner, pilihlah produk rambut alami yang bebas dari bahan kimia keras seperti sulfat atau sodium lauryl sulfate. Ganti produk rambut Anda dengan bahan alami, seperti minyak dan masker pengkondisian dalam yang bisa Anda buat di rumah.

Meskipun produk dengan bahan kimia membersihkan rambut Anda dengan baik, mereka juga menghilangkan kelembaban dan sangat keras pada rambut yang rusak. Untuk menghindari penumpukan kimiawi, yang akan menyebabkan kerusakan lebih banyak, pilih produk yang bebas dari bahan kimia keras.

6. Cara Memperbaiki Rambut Rusak dengan Minyak

Minyak rambut Anda sering untuk menjaga itu gizi dan sehat. Minyak yang berbeda seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jarak harus digunakan. Pijat minyak perlahan ke kulit kepala dan biarkan selama setidaknya dua jam sebelum keramas.

Minyak membentuk penghalang pelindung di sekitar kutikula dan memberi nutrisi pada batang rambut. Minyak kelapa memiliki sifat penetratif yang memberi nutrisi pada poros rambut dengan rantai asam lemaknya. Kandungan protein minyak kastor yang tinggi mengisi noda keratin pada rambut Anda.

7. Natural remedies Untuk Rambut Rusak

Gunakan ramuan alami seperti telur, mayones, madu, minyak, alpukat, pisang, dll untuk membuat masker rambut. Mereka akan mengembalikan kesehatan optimal rambut Anda dalam waktu singkat. Selalu lebih memilih perawatan alami untuk bahan kimia seperti Anda akan tahu apa sebenarnya yang Anda kenakan pada rambut Anda, dan bagaimana hal itu akan membantu.

8. Konsumsi Makanan Protein-Kaya

Konsumsilah makanan seperti ikan, telur, yogurt, dan kedelai, yang mengandung protein tinggi, untuk memberi nutrisi pada rambut Anda kembali ke kesehatan. Rambut Anda terbuat dari protein, dan bila sudah rusak, Anda memerlukan lebih banyak protein untuk memperbaikinya. Carilah sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Namun, Anda harus ingat bahwa terlalu banyak protein dengan sedikit kelembaban akan membuat rambut Anda rapuh. Tingkatkan asupan protein Anda sekaligus melembabkan rambut Anda dengan masker pengkondisian dalam diri sendiri.

9. Gunakan Pewarna Rambut Alami untuk Rambut Rusak

Memilih pewarna rambut alami seperti henna atau teh, bukan warna yang sarat dengan bahan kimia. Tidak seperti warna rambut komersial, pewarna alami akan menyehatkan rambut Anda saat mewarnai itu. Jika Anda perlu untuk menutupi beberapa abu-abu, atau perlu menambahkan beberapa warna rambut Anda, pergi alami!

10. Kondisi Rambut Sebelum Berenang

Jika Anda berenang secara teratur, sangat penting untuk mengkondisikan rambut sebelum berenang. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak kelapa untuk mengkondisikan rambut Anda. Ini akan membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut Anda, yang akan melindungi dari bahan kimia keras di air. Ganda pada perlindungan dengan tergelincir pada topi renang silikon. Ini akan meminimalkan jumlah air yang bersentuhan dengan rambut Anda.

11. Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Bila menyangkut rambut Anda, menjaga kesehatan tetap lebih penting daripada yang bisa dibayangkan. Memang benar ketika mereka mengatakan bahwa rambut Anda mencerminkan keseluruhan kesejahteraan Anda. Mempertahankan diet seimbang dan gaya hidup sehat, bersama dengan olahraga teratur, sangat penting dalam hal menumbuhkan rambut Anda agar menjadi panjang dan kuat.

Sekarang Anda tahu bagaimana memperbaiki rambut yang rusak, tunggu apa lagi? Ingat, merawat rambut yang rusak bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan semalam, atau bahkan dalam seminggu. Tapi, Anda bisa menghidupkan kembali rambut Anda dengan sedikit perhatian dan usaha ekstra. Masukkan tip yang disebutkan di atas dalam rutinitas perawatan rambut Anda untuk mendapatkan kembali kesehatan rambut Anda.

Apakah Anda pernah harus berurusan dengan kerusakan? Ceritakan pengalaman Anda di bagian komentar atau kunjungi Tipsmerawatrambut.id.