Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh

Blueberry yang baik untuk kesehatan kita bukanlah penemuan. Ini disebut “buah super abad ke-21” dan telah mendapatkan reputasi yang menjanjikan manfaat bagi tubuh dan pikiran. Namun, meski demam baru-baru ini untuk konsumsinya telah hancur di negara-negara seperti Inggris Raya, ledakan ini belum selesai mempopulerkan blueberry di antara populasi Spanyol.

Meskipun bagi kita itu adalah buah yang lebih tidak dikenal daripada buah merah lainnya, seperti blackberry atau stroberi, tanamannya tumbuh di wilayah kita – terutama di provinsi Huelva – telah membuatnya menjadi buah kedekatan dengan harga yang dapat diterima konsumen.

Dan, meski asalnya di Amerika Utara, Spanyol adalah produsen blueberry terbesar di Eropa. Menurut FEPEX, dalam lima tahun terakhir, permintaan telah memaksa produksi di Spanyol meningkat hingga 151% mencapai tingkat yang tidak diketahui sampai sekarang, namun sebagian besar diekspor ke seluruh benua.

Bagaimana kita bisa mengenalkannya ke dalam makanan kita?

Segar, beku, kaleng atau sebagai ekstrak. Blueberry bisa dimakan sendiri atau di salad buah, sangat populer di yoghurt atau selai, dan di beberapa negara seperti Polandia biasa mengiringi daging untuk memberi sentuhan rasa asam. Hal ini mampu kopling dengan segudang resep, tapi adakah cara untuk mengoptimalkan sifat-sifatnya?

Ahli gizi diet Ana Márquez Guerrero (Nutrisana), menekankan nilai buah musiman dan di dekatnya, dan menyarankan untuk mencatat perbaikan dalam produksi blueberry di negara kita, memanfaatkan kesempatan untuk mengenalkannya setiap hari di tempat kami. diet “Rekomendasi saya adalah mengkonsumsinya secara keseluruhan dan mengganti mereka dengan buah musiman lainnya”.

“Karakteristik organoleptiknya, rasa dan aromanya, sangat dihargai dengan mengunyahnya. Teksturnya halus dan rasanya sedikit asam. Ini berjalan sangat baik dikombinasikan dengan buah-buahan manis lainnya seperti melon atau pisang. Jika alih-alih menambahkan gula kita mencampurnya dengan kismis atau kurcaci muscatel, hasilnya bisa menjadi hidangan manis dan cukup menggugah selera. Kita bisa menambahkan kayu manis, daun mint dan bahkan coklat murni dan bawa untuk sarapan atau kudapan. ”

Makanan untuk otak

Kandungan serat, mineral, vitamin dan antioksidannya yang tinggi, terutama pada senyawa yang disebut anthocyanin, menjadikan blueberry sebagai kandidat istimewa bukan hanya menjadi bagian dari diet sehat, namun juga membantu melindungi tubuh kita dari penyakit dan memperbaiki kesehatan otak kita. .

Cranberry adalah makanan otak yang unggul yang konsumsi kesehariannya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi gangguan ingatan, bahkan di usia tua. Dari pencegahan atau pengobatan demensia terhadap peningkatan memori, inilah manfaat otak yang bisa diberikannya.

1. Ini mengurangi risiko demensia: fungsi kognitif kita cenderung memburuk saat kita bertambah tua, tapi paling baik diawetkan saat kita mengikuti diet kaya makanan nabati, seperti blueberry. Sebagian besar ini dijelaskan berkat antosianin, pigmen alami yang keberadaannya sangat melimpah pada blueberry.

2. Mengurangi efek Alzheimer: antioksidan blueberry dapat memberi manfaat nyata dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada orang lanjut usia, membantu mencegah penyakit Alzheimer, suatu bentuk demensia yang mempengaruhi bagian otak. otak yang mengendalikan pikiran, ingatan dan bahasa. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa cranberry dapat secara efektif mengobati pasien yang sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan mental.

3. Mencegah radang otak: buah adalah jenis buah yang senyawanya melindungi sel otak dari radikal bebas. Satu studi menunjukkan bahwa buah beri mengubah cara neuron otak berkomunikasi, mencegah peradangan di otak yang dapat berkontribusi pada kerusakan neuron dan memperbaiki kontrol motorik dan kognisi.

4. Meningkatkan sel otak: menambahkan blueberry ke makanan dapat meningkatkan tingkat kelahiran sel otak di hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab atas ingatan dan satu dari sedikit area otak yang terus menggantikan neuron.

5. Meningkatkan konsentrasi dan memori: mengambil mangkuk atau smoothie blueberry dapat meningkatkan konsentrasi dan memori secara signifikan hingga lima jam, sehingga membantu melakukan tugas mental yang berkepanjangan. Dipercaya bahwa antioksidan dalam blueberry merangsang aliran darah dan oksigen ke otak, menjaga agar pikiran tetap aktif.

6. Meningkatkan kesehatan mental: blueberry dapat membantu meredakan depresi bagi orang dengan gangguan ini. Menurut sebuah penelitian tahun 2016, makan cranberry dapat membantu mengurangi faktor genetik dan biokimia yang mendasari depresi dan kecenderungan bunuh diri yang terkait.