Manfaat Minum Susu Untuk Segala Usia

Susu adalah makanan yang sangat lengkap karena merupakan sumber kalsium, fosfor, magnesium dan protein, yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan. Konsumsi susu yang memadai selama masa kanak-kanak dan sepanjang hidup akan membantu mempertahankan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis di masa dewasa. Lihat juga : Susu Formula Yang Bagus Untuk Bayi yang Baru Lahir

Susu relatif kecil dapat mencakup bagian penting dari kebutuhan nutrisi harian untuk semua umur, karena ini adalah kandungan zat makanan sehubungan dengan kandungan energinya.

Selain kontribusi nutrisi, peningkatan konsumsi susu juga dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis, kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan obesitas.

Susu skim atau lemak 0%, 2% lemak dan susu utuh, semuanya memiliki nutrisi yang sama, apa perubahan kandungan lemak dan kalori.

Kenali manfaat susu sesuai usia

Kehamilan dan menyusui
Konsumsi susu sangat penting selama kehamilan dan menyusui. Banyak nutrisi dalam susu diperlukan selama tahap ini seperti: protein, fosfor, magnesium, besi, vitamin B12, riboflavin dan kalsium. Konsumsi hingga 3 porsi produk susu selama kehamilan, dan sampai 5 porsi selama menyusui dapat memenuhi persyaratan ini. Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting karena kalsium tetap berada di tulang bayi yang sedang berkembang.

Besi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan untuk produksi sel darah merah. Susu merupakan sumber asam folat sehingga membantu mencegah risiko bayi mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

Anak-anak dan remaja
Masa kanak-kanak dan remaja adalah dua tahap yang sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental. Selama tahap ini konsumsi kalsium dan zat besi sangat mendasar, dan susu merupakan sumber keduanya. Kalsium akan membantu anak-anak memiliki tulang dan gigi yang sehat. Kebutuhan kalsium meningkat drastis sejak usia 11 tahun di masa pertumbuhan pra-puberal.

Anak-anak di bawah usia 11 tahun harus mengkonsumsi 3 porsi susu per hari dan anak-anak di atas 11, 3-4 porsi per hari. Memilih susu semi skim atau skim, karena mengandung sedikit lemak jenuh. Hanya anak di bawah 5 tahun yang harus minum susu utuh.

Besi pada tahap ini penting untuk pertumbuhan, perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh. Asupan zat besi yang memadai membantu mencegah anemia.

Orang dewasa
Susu berperan penting dalam menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit kronis. Karena massa tulang maksimum tidak sampai pada dekade ketiga kehidupan, sangat penting bagi orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D, untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Kurangnya estrogen pada wanita pascamenopause mencegah penyerapan dan pemanfaatan kalsium dan merupakan faktor terpenting dalam pengembangan osteoporosis pada wanita yang lebih tua. Selain itu, asupan kalsium yang adekuat meningkatkan keefektifan metode hormonal dan farmakologis untuk pengobatan osteoporosis.

Bagi orang dewasa lebih tua, susu merupakan makanan yang sangat bergizi karena mengandung energi, vitamin, mineral, membantu melembabkan dan memperbaiki pertahanan tubuh. Karena kandungan kaliumnya membantu mengendalikan tekanan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Ini juga merupakan sumber protein; Asupan protein rendah dikaitkan dengan osteoporosis dan peningkatan risiko patah tulang.

Susu dan produk susu merupakan salah satu pemasok kalsium mudah diserap. Sekali lagi, konsumsi 3 porsi susu per hari dapat menyediakan sebagian besar kebutuhan kalsium harian.